Ini Dia 4 Tips Melatih Anak untuk Percaya Diri

Orangtua tentunya menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Salah satunya adalah rasa percaya diri pada anak. Karenanya orangtua membutuhkan tips melatih anak untuk percaya diri.

Rasa percaya diri adalah elemen penting yang berpengaruh dalam kehidupan. Banyak orang terkendala untuk meraih kesuksesan karena rendahnya rasa percaya diri. Karenanya penting sekali untuk membangun kepercayaan diri anak sejak dini.

4 Tips Melatih Anak untuk Percaya Diri

Menumbuhkan rasa percaya diri pada anak bisa Anda mulai sejak usia dini. Bagaimana caranya? Ada baiknya Anda simak tips melatih anak untuk percaya diri di bawah ini:

  1. Berilah anak kebebasan

Terlalu mengendalikan anak dapat menimbulkan dampak buruk. Jika Anda sering mengkritik pilihan anak atau melakukan intervensi pada setiap aktivitasnya, hal ini membuat anak merasa terkekang.

Anda bisa memberikan anak kesempatan untuk memilih sendiri pakaian yang ingin dia kenakan atau permainan yang ingin dimainkan. Anak yang terbiasa belajar mengambil keputusan sendiri sejak dini, memiliki rasa yakin akan dirinya sendiri.

Jangan lupa untuk selalu memberi masukan pada anak dan membantunya memperbaiki diri jika dia melakukan kesalahan. Pendampingan dan bimbingan Anda sangat anak butuhkan.

  1. Memberi anak tanggung jawab

Anda bisa mengajarkan rasa tanggung jawab pada anak dengan tugas-tugas kecil. Misalnya saja menunggui adik, mengambilkan barang, merapikan mainan, atau membuang sampah pada tempatnya. Membiasakan anak dengan tugas dan tanggung jawab sejak dini bisa membantunya dalam mengemban tanggung jawab besar saat sudah dewasa kelak.

  1. Apresiasi keberhasilan anak

Berikan apresiasi kepada anak atas pencapaiannya. Pujian dari orangtua membantu anak memahami bahwa usahanya memiliki nilai. Kata-kata seperti “Kakak memang pintar” atau “Ayo semangat kerjakan pe-ernya” dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada anak.

  1. Bantu anak mengenali kelebihannya

Rasa tidak percaya diri seringkali timbul karena anak merasa tidak memiliki kemampuan. Karenanya penting sekali peran orangtua dalam menemukan dan mengenali kelebihan anak. Kelebihan tidak melulu dalam bidang akademik tetapi juga olahraga, seni, berpidato, atau bersosialisasi.

Itulah empat tips melatih anak untuk percaya diri. Anda bisa mencoba mempraktekkannya sekarang. Semoga berhasil.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *